CARA MEMBIASAKAN ANAK BERJILBAB

Orang Tua muslim tentunya menginginkan putrinya memakai jilbab. Namun, hal tersebut tidaklah mudah mengingat anak kecil masih aktif bergerak.

Anak yang aktif bergerak sangat mudah sekali merasa gerah sehingga cukup sulit juga untuk membiasakan memakai jilbab. Akan tetapi, jangan khawatir akan hal tersebut karena ada beberapa cara agar si anak terbiasa memakai jilbab.


Bagi Anda yang ingin putrinya terbiasa memakai jilbab, berikut tips yang bisa dilakukan:


1. Beri contoh nyata

Jika menginginkan anak menggunakan jilbab, pertama kali tentunya Anda harus memberikan contoh nyata kepada anak dengan selalu menutup aurat Anda sendiri.


2. Kenalkan sejak dini

Anda harus mengenalkan kepadanya sejak kecil. Anda bisa melakukannya secara bertahap yaitu memakaikan baju panjang dan jilbab pada saat berpergian. Mungkin si kecil tak tahu maksudnya apa. Namun, cara tersebut bisa membuatnya jadi terbiasa memakai kerudung saat bepergian.


3. Pakaikan baju dan jilbab yang nyaman

Agar si anak nyaman saat berpakaian tertutup, sebaiknya Anda memilihkan bahan yang tepat untuk jilbab dan pakaian. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan sesuaikan juga dengan gerak-gerik si anak. Misalnya, si anak yang aktif sebaiknya dipakaikan pakaian dan jilbab yang berbahan kaos.


4. Pilihkan model yang sederhana


Ketahuilah bahwa anak-anak tidak suka yang ribet. Untuk itu, pilihlah gaya berjilbab yang sederhana saja untuknya. Misalnya, jilbab instan dan baju terusan panjang atau busana muslim dua potong. Pilih dengan warna kesukaan si anak agar dia mau memakainya. Selain warna, biarlah si anak yang memilih corak yang disukainya.


5. Memberikan pujian


Ketika si anak sudah merasa nyaman mengenakan jilbab, tak ada salahnya Anda memuji penampilannya dengan berkata, “Kamu cantik sekali.” Cara tersebut tentunya bisa mendukung psikologisnya. Jika si anak sudah merasa senang, maka Anda juga bisa mengajarkan bahwa ada manfaat yang bisa didapat dengan berjilbab.


6. Memberikan pengarahan


Ketika sudah memuji dirinya, Anda pun perlu memberikan pengarahan untuknya. Ajak anak untuk mengetahui lebih dalam mengenai kewajiban berjilbab bagi muslimah sesuai dengan usianya. Misalnya, saat si anak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), terangkan mengapa dia memakai jilbab. Seiring bertambahnya usia, Anda juga perlu memberikan arahan mendalam tentang hal tersebut.


Itulah cara cerdas membiasakan anak berjilbab. Menanamkan nilai agama atau hal positif lainnya sejak si anak kecil tentunya sangat bermanfaat bagi dirinya kelak.

Bagaimana, Anda mau mulai membiasakan anak untuk memakai jilbab?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Grosir Jilbab Anak | Jilbab Anak Kisma
Copyright © 2011. Grosir Jilbab Anak,Hijab Anak,Kerudung Anak,Jilbab Bayi,082.220.727.325 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jilbab Anak Kisma
Proudly powered by Blogger